Sabtu, 01 Oktober 2011

Bakat?


    Entah kenapa aku sekarang sedang tertarik dengan pembagian-pembagian bakat di dalam diri seseorang. Bakat itu bisa ditinjau dari sifat, keseharian, minat, dan lain-lain. Mungkin ini sudah pernah dibahas oleh aneka sumber yang lain. Tapi aku mencoba membuat pengelompokan bakat berdasarkan opiniku.

  1. Bakat Seni : Si bakat seni merupakan orang yang berimajinasi tinggi dan menjadi sumber inspirasi. Mereka mempunyai minat terhadap musik, seni lukis, tari, fotografi, dan sebagainya. Si bakat seni punya banyak pengetahuan luas tentang seni dan merupakan orang yang kreatif.
  2. Bakat Ensiklopedi : Si bakat ensiklopedi ini mempunyai kepintaran dan wawasan yang luas. Mereka merupakan orang yang pintar dan disegani orang lain sebagai guru. Biasanya mereka memiliki nilai yang bagus di sekolah. Mereka cenderung menjadi motivasi untuk orang lain.
  3. Bakat Jasmani  : Pemilik bakat ini adalah orang yang aktif dalam bidang olahraga. Senang mengikuti aneka permainan yang berhubungan dengan gerak tubuh. Mereka juga punya kelebihan-kelebihan tersendiri dalam bidang olahraga yang mereka tekuni. Bisa jadi itu sepak bola, basket, voli, dan lainnya.
  4. Bakat Selebriti : Mereka adalah orang-orang yang dikagumi orang lain. Hampir semua orang kenal mereka dan mereka juga dikelilingi banyak teman. Mereka biasanya memiliki paling tidak 3 atau lebih bakat lain yang membuat mereka "menonjol" diantara orang lain. Misalkan mereka anggota band, atau pemain klub olahraga. Aku sendiri susah mendefinisikan orang pemilik bakat ini. Karena bakat ini sangat menarik dan berbeda dari yang lain.
  5. Bakat Sosial : Si bakat sosial berbeda dengan si bakat selebriti. Si bakat sosial memiliki banyak teman dan sahabat. Dia bisa mengerti, membawa, dan membimbing teman-temannya dalam suasana yang menyenangkan, sehingga si bakat sosial mempunyai banyak teman. Dia adalah orang yang berkarakter tidak membosankan.
  6. Bakat Organisasi : Mereka adalah aktivis sebuah organisasi. Memiliki minat lebih dalam hal sosial-berkelompok. Mereka selalu mengikuti aktivitas organisasi yang dipilihnya. Dan mereka biasanya memiliki prestasi dalam organisasi. Contoh aktivis ini adalah OSIS, Pecinta Alam, KIR, dan sebagainya.
  7. Bakat Rohani : Mereka adalah orang yang religius. Selalu mengikuti acara yang berbau agama dan selalu ditunjuk sebagai orang yang memiliki nilai lebih dalam agama. Biasanya si bakat religius akan ditunjuk sebagai orang yang akan memimpin dalam kegiatan keagamaan.

  8. Ini hanyalah sebagian opini-ku. Jika ada ketidaksamaan mohon dimaklumi ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini ^,^